Rabu, 24 Agustus 2011

Thailand Bagi-bagikan Pil Antiradiasi Bagi Penumpang yang Mau ke Jepang

Republika – Rab, 16 Mar 2011

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK-- Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand, akan membagikan pil Iodium (I) gratis --sebagai pil antiradiasi-- di bandara bagi penumpang pesawat dengan tujuan kawasan yang dihantam bencana, Jepang, Rabu.
Kekhawatiran tentang kontaminasi bahan nuklir berbahaya muncul setelah serangkaian ledakan, kebakaran dan kebocoran radiasi di fasilitas nuklir di pantai timur laut, Jepang, pasca gempa bumi besar dan tsunami, Jumat lalu.
"Kami sudah memerintahkan organisasi farmasi pemerintah untuk memproduksi tablet iodium cadangan untuk tujuan khusus," menurut pernyataan kementerian itu.
"Awalnya, kami akan memproduksi 15.000 tablet untuk didistribusikan gratis di bandara yang memiliki penerbangan dari Thailand ke Jepang, seperti bandara Suvarnabhumi (di Bangkok) dan bandara Phuket, mulai besok," katanya. "Tapi kami akan menyaring dan memberikan hanya untuk penumpang yang bepergian ke daerah resiko di Jepang utara."
Kementerian memperingatkan terhadap semua perjalanan tidak mendesak ke daerah itu. Kementerian juga mengatakan akan menawarkan saran dan pemeriksaan bagi mereka yang kembali ke Thailand dari Jepang.

http://id.berita.yahoo.com/thailand-bagi-bagikan-pil-antiradiasi-bagi-penumpang-yang-20110316-050511-763.html