Selasa, 21 Februari 2012

Orangutan Belum Mati Meski Ditebas Mandau Dua Kali


Orangutan Belum Mati Meski Ditebas Mandau Dua Kali

TRIBUNnews.com – Rab, 8 Feb 2012
TRIBUNNEWS.CPM, SANGATTA - Jajaran Reskrim Polres Kutim telah melakukan rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan orangutan di area PT Citra Prima Selaras (CPS), yang beraktifitas di Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur pada Selasa (7/2/2012) siang.
Dalam sesi rekonstruksi, para pelaku mengaku melakukan pembunuhan orangutan dengan alasan menyelamatkan diri juga menyelamatkan kawan yang dikejar orangutan. Demikian dijelaskan Kapolres Kutim, AKBP Budi Santoso, melalui Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Kutim, Iptu Rico Yunarsi, Rabu (8/2/2012).
Berdasarkan kronologi yang terungkap dalam rekonstruksi, awalnya tersangka TJR menemukan orangutan yang sedang mencabut sawit saat ia bertugas sebagai tim pengendalian hama.
Saat itu TJR berusaha mengusir orangutan itu dengan berteriak. Namun orangutan justru menoleh dan mulai mendekat ke arah teriakan. Merasa dikejar, TJR kemudian menombak orangutan tersebut dengan kayu lancip.
Namun TJR menyebut orangutan tersebut terus mengejarnya. Ia pun berteriak meminta pertolongan. Tak lama kemudian, datanglah tersangka TUL dan MAN. Kedua tersangka yang bertugas di bagian pemupukan sawit itu bergegas datang karena mendengar TJR meminta tolong.
Saat melihat kawannya dikejar, keduanya langsung mendatangi orangutan tersebut. "Keduanya mengakui membacok bagian belakang tubuh orangutan dengan parang mandau masing-masing dua kali," kata Rico. Namun setelah dibacok, hewan tersebut belum mati.
Setelah itu, datanglah tersangka lain yaitu JUL yang memukul orangutan selama beberapa kali dengan kayu. Tak lama kemudian, orangutan itu berjalan dengan gontai dan akhirnya roboh.
Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2011 sekitar pukul 16.00. Jasad orangutan baru dikuburkan keesokan paginya. Peristiwa robohnya orangutan maupun penguburannya sempat direkam melalui perangkat video recorder pada handphone pekerja lain yang melihat peristiwa tersebut.