Minggu, 26 Agustus 2012

POPURI REPTILES-REPTIL-ULAR-KADAL-BIAWAK- : BAHAYA RADIASI ULTRAVIOLET BAGI REPTIL SEBAGAI BINATANG PELIHARAAN ANDA



POPURI REPTILES-REPTIL-ULAR-KADAL-BIAWAK- : BAHAYA RADIASI ULTRAVIOLET BAGI REPTIL SEBAGAI BINATANG PELIHARAAN ANDA



Can too much ultraviolet radiation be harmful? How much is too much?
Experts agree that excess ultraviolet radiation can be harmful for humans and animals. Lower wavelengths have a known relationship with skin cancer in humans, cattle, cats, and horses.
We do not know how much UVB radiation reptiles can tolerate, and we do not know if UVA radiation is harmful. However, at least one publication has suggested that excess ultraviolet radiation (in this case, under outdoor conditions) may be associated with decreased reproductive success in amphibians. In addition, excess ultraviolet radiation may cause skin cancer and eye damage in other animals, presumably also in reptiles.





Dapatkah radiasi ultraviolet yang terlalu banyak membahayakan? Berapa banyak?

Para ahli setuju bahwa radiasi ultraviolet berlebih bisa berbahaya bagi manusia dan hewan. Panjang gelombang yang lebih rendah memiliki hubungan yang dikenal dengan kanker kulit pada manusia, ternak, kucing, dan kuda.
Kita tidak tahu berapa banyak radiasi UVB reptil bisa ditolerir reptil, dan kita tidak tahu apakah radiasi UVA berbahaya. Namun, setidaknya satu publikasi telah menyarankan bahwa radiasi ultraviolet berlebih (dalam hal ini, di bawah kondisi outdoor) dapat dikaitkan dengan menurunnya reproduksi  pada amfibi. Selain itu, radiasi ultraviolet berlebih dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan mata pada hewan lain, mungkin juga di reptil.





Pencahayaan reptil
Ditulis oleh Louise Bauck, BSc, DVM, MVSc, direktur pelayanan kesehatan hewan untuk Hagen Avicultural Research Institute di Montreal. Courtesy, PET AGE Juli 1998.