Senin, 29 November 2010

MENGENALI BEBERAPA PENYAKIT YANG UMUM PADA ULAR PYTHON

Bagi pecinta ular phyton, mengenali beberapa penyakit yang umum ditemukan pada ular phyton sebelum pergi ke dokter hewan adalah salah satu hal yang cukup penting, dengan kata lain, pengobatan dan deteksi dini satwa ini dapat mempengaruhi pada pengobatan berikutnya. Berdasarkan berbagai literatur dan buku tentang ular phyton serta berdasarkan informasi tambahan dari situs www.satwaunik.com, berikut ini adalah penyakit yang umum ditemukan pada ular phyton:
Vomiting / Muntah
Salah satu penyakit/gangguan yang sering dialami oleh phyton adalah Muntah. Jangan pegang phyton anda pada saat baru saja selesai makan. Itu mungkin terjadi juga jika hewan peliharaan anda dalam keadaan stress karena merasa kurang aman atau karena terinfeksi oleh parasit yang berasal dari dalam maupun luar tubuhnya, itu akan merangsang makanan untuk dimuntahkan keluar Untuk membantu menghindari terjadinya muntah, adalah penting untuk membiarkan phyton anda untuk istirahat setelah mereka makan. Bagaimana caranya anda untuk mengarahkan supaya mereka tidur? naikkan suhu kandang pada suhu tertentu, atau anda juga bisa tempat untuk berjemur. Phyton akan berbaring di bawah cahaya/lampu tersebut untuk membantu mencerna makannya dan akan membantu mengurangi untuk dimuntahkan kembali.
Constipation/Sembelit/Susah buang air
Jika phyton anda tidak buang air dalam waktu yang tidak seperti biasanya, ataupun sulit untuk buang air atau pun kotorannya sangat kering, dari semua tanda-tanda tersebut dapat dipastikan bahwa phyton anda lagi sembelit. Tingkat kelembaban dan suhu yang rendah adalah penyebab umum terjadinya sembelit. Anda bisa menghindarinya dengan menjaga kebersihan air minum di dalam kandang. Juga dengan menempatkan air hangat di dalam kandang dan arahkan supaya phyton anda berendam di dalam air tersebut.

Scale rot / Infeksi kulit (sisik)
Jika anda memperhatikan ada warna yang berbeda pada sisik phyton seperti: warna Pink, Merah atau Coklat, hal ini mungkin disebabkan oleh Scale rot/ pembusukan sisik. Penyakit ini bisa terjadi pada beberapa sisik, di tempat tertentu atau pun di banyak tempat. Terkadang penyebab dari infeksi sisik ini bisa dari infeksi dari dari dalam tubuh yang muncul keluar tubuh sebagai scale rot/sisik yang busuk. Tetapi bagaimana pun penyebabnya adalah kurang bersihnya tempat/kandang dari phyton tsb. Jika kandangnya tidak secara rutin dibersihkan dan dikasi disinfectan, phyton akan berbaring di atas air kencing dan kotorannya dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan scale rot.
Berdasarkan informasi penyakit-penyakit tersebut diatas, ada baiknya jika anda menghubungi dokter hewan. Perlu diingat bahwa mengobati hewan sendiri dengan menggunakan antibiotic dan beberapa obat keras lainnya tanpa penyeliaan atau tanpa sepengatuan atau tanpa resep dokter hewan adalah melanggar undang-undang (UU). UU baru tentang kesehatan hewan telah dibuat oleh Negara ini. Memang UU ini masih relative baru, oleh sebab itu upaya sosialisasi perlu diupayakan dan dilakukan.

sumber :