Kamis, 10 Februari 2011

Ekonom: Negara Barat Membantu Koruptor Amankan Uangnya


REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Ekonom peraih Nobel, Joseph Stiglitz, mengkritik negara-negara barat yang justru membuka peluang bagi koruptor. Menurut Stiglitz, negara barat bermuka dua dalam pemberantasan korupsi.
Di satu sisi mereka meminta negara berkembang di Afrika menghapus korupsi. Namun di sisi lain, uang-uang hasil kejahatan dan korupsi di Afrika justru tersimpan dalam brankas bank di negara barat.
"Negara maju tidak boleh lepas tangan begitu saja. Mereka harus bertanggungjawab," kata mantan kepala ekonom Bank Dunia ini, seperti dikutip CNN, Rabu.
"Modus korupsi di Afrika adalah diktator korup akan mencuri uang rakyatnya. Uang itu lalu mereka simpan di akun perbankan negara maju," katanya, menjelaskan. "Sudah banyak diskusi di G20 soal rekening rahasia perbankan yang terkait pajak, tapi soal rekening rahasia perbankan sebagai fasilitator korupsi belum ada yang mau membahas," katanya lagi.
Menurut dia, korupsi di Afrika bisa dikurangi dengan iklim kebebasan dan pers yang baik. Tapi ia menuntut negara barat ikut ambil bagian memerangi korupsi itu.
"Salah satu negara penyelenggara G20 ada yang terus menerus berbicara soal korupsi pajak. Tapi di negara itulah justru uang-uang korupsi diktator Afrika disimpan. Ironisnya, negara tersebut menolak untuk mengembalikan uang tersebut ke rakyat di Afrika," kata Stiglitz.


Republika - Kamis, 10 Februari

KEN RESIK CLEANING SERVICE
Jasa outsourcing Cleaning Service di kota Semarang  khususnya dan Jawa Tengah umumnya, seperti :
- GENERAL CLEANING, pembersihan menyeluruh atau per bagian dari bangunan anda sesuai kebutuhan
- ROUTINE CLEANING, penempatan tenaga kami yg telah berpengalaman untuk membersihkan dan merawat bangunan anda setiap hari nya
- WASHING, melakukan pencucian terutama di elemen ruangan seperti : sofa, kursi makan, spring bed, karpet lembaran, permadani, bantal, guling, dan lainnya
- LANDSCAPE & GARDENING, membuat, merenovasi, merawat taman serta elemen penunjangnya seperti artificial rock / stone, air mancur, patung taman, dan lainnya
Hubungi kami di : 024-70021843, detail lebih lanjut di http://www.kenresik.blogspot.com