Jumat, 12 November 2010

KADAL LIDAH BIRU / BLUE TONGUED SKINK

Kadal lidah biru

Sumber : Wikipedia, ensiklopedia bebas

Kadal berlidah Biru merupakan genus Australasia , Tiliqua, yang merupakan keluarga terbesar kadal(Scincidae). Mereka biasa disebut kadal berlidah biru atau si lidah biru di Australia. karakteristik menonjol dari genus ini adalah lidah biru besar yang bisa memamerkan sebagai peringatan pada musuhnya
Sistematika dan Distribusi
Kadal berlidah biru ini merupakan marga Cyclodomorphus dan Hemisphaeriodon . Semua spesies ditemukan di daratan Australia kecuali gigas Tiliqua yang didapati di di papua nugini dan berbagai pulau Indonesia . Salah satu subspesies yaitu T.scincoides juga ditemukan pada beberapa pulau Indonesia kecil antara Australia dan Papua nugini. T. nigrolutea hanya didapati di pulau Tasmania. Kecuali kadal lidah biru kerdil-, mereka merupakan kadal yang relatif besar (panjang total sampai 37 cm), tubuhnya mengkilat, berkaki pendek, berkepala lebar dengan gigi yang kusam.

Ekologi
Kebanyakan spesies kadal lidah biru ini merupakan jenis diurnal, omnivora dan vivipar , makan berbagai serangga, gastropoda, bunga, buah-buahan . Kecuali kadal lidah biru kerdil, yang merupakan predator artropoda darat .


Spesies dan subspesies



T.multifasciata









T.occipitalis














T.nigrolutea








T.rugosa









T.scincoides







eastern blue tongued skink on road












di edit dan terjemah bebas, sumber : wikipedia, the free encyclopedia
gambar / foto , sumber : wikipedia, the free encyclopedia