Jumat, 25 Maret 2011

NASA: Tak Ada Bukti Pendukung Bakteri Alien


INILAH.COM, Washington – Ilmuwan NASA menyatakan tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim fosil mikroba alien yang lahir di luar angkasa. Sebelumnya bakteri itu ditemukan di meteorit.
Badan antariksa Amerika Serikat (AS) secara resmi menjauhkan diri dari riset ilmuwan NASA Richard Hoover yang temuannya dipublikasikan Jumat lalu di Journal of Cosmology dan tersedia gratis secara online.
“Klaim Hoover dibuat-buat selama beberapa tahun,” kata direktur Astrobiology Institute NASA Carl Pilcher.
Pilcher mengaku tak mengetahui adanya dukungan dari peneliti meteorit lain pada klaim yang sedikit luar biasa mengenai bukti adanya mikroba di meteorit yang jatuh ke Bumi dan bukan hasil kontaminasi setelah jatuh ke Bumi itu.
"Penjelasan paling sederhananya, mikroba itu merupakan mikroba Bumi. Kata lainnya adalah kontaminasi," ujarnya.
Pilcher mengatakan, meteorit yang dipelajari Hoover, jatuh ke Bumi 100-200 tahun silam dan telah banyak ditangani manusia. "Alhasil, Anda bisa menemukan mikroba dalam meteorit."
Kepala ilmuwan Science Mission Directorate NASA di Washington pun mengeluarkan pernyataan serupa menyatakan, NASA tak mendukung temuan Hoover.
"Sementara kami menghargai kebebasan bertukar ide, data dan informasi sebagai bagian penyelidikan ilmiah dan teknis, NASA tak bisa mendukung klaim ilmiah kecuali telah dikaji dengan teliti oleh para ahli berkualitas lainnya,” tutup Hertz. [mor]




Oleh Billy A. Banggawan | Inilah – Sel, 8 Mar 2011