Kamis, 14 April 2011

Kesepian Cenderung Gemuk


Kesepian, tidak punya teman dan enggan bersosialisasi berpotensi membuat seseorang gemuk. Pasanya, kesepian menyebabkan nafsu makan meningkat drastis sehingga memicu kenaikan berat badan berlebihan

Menurut ahli psikoterapis di Houston, Mary Jo Rapini, orang yang kesepian biasanya akan mencari pelampiasan. Umumnya, mereka akan mencari makanan dengan harapan dapat menenangkan diri atau depresi yang dialaminya, demikian seperti dilansir Times of India.

Mungkin pada awalnya keinginan untuk makan itu tidak menimbulkan masalah, namun jika hal ini berlangsung lama, makan kenaikan berat badan tidak dapat dihindari, kata Rapini.

“Begitu orang itu menyadari penampilannya telah menjadi sangat gemuk, keadaan ini akan memicu pertambahan tingkat depresi,” ujar dia.

Rapini menyarankan bila seseorang merasa kesepian, ekspresikan emosi melalui cara-cara yang tidak berisiko. Misalnya, berbicara dengan seseorang, membuat catatan dalam buku harian, menggambar potret diri tentang bagaimana perasaan Anda ketika itu, atau bisa juga menulis puisi dan cerita pendek tentang situasi yang dialami.

“Semua ini bisa membantu mengusir kesepian yang bisa membahayakan kesehatan,” tandas Rapini.(go4/*)



Oleh Metro TV News | Metro TV – Sab, 9 Apr 2011