Senin, 20 Desember 2010

Industri Rumput Laut Segera Dibangun di Wakatobi


Kendari
Industri rumput laut berskala besar akan segera dibangun di Kabupaten Wakatobi dan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, kata Ketua Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Wakatobi Abdul Manan di Kendari, Senin.
Menurut Abdul Manan, pembangunan industri rumput laut berskala besar tersebut akan ditangani langsung oleh tujuh kementerian dalam Kabinet Indonesia Bersatu II melalui porgram pengembangan ekonomi lokal.
"Selain mendirikan industri, tujuh kementerian itu juga akan membantu mengembangkan potensi budidaya rumput laut mulai dari pembibitan, budidaya, hingga penanganan pascapanen untuk memenuhi kebutuhan industri," katanya.
Tujuh kementrian yang akan menangani pengembangan ekonomi lokal Wakatobi dan Kota Kendari tersebut di antaranya Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.
"Dalam program pengembangan ekonomi lokal itu, tiap kementerian akan mengambil peran sesuai bidang masing-masing. Kementerian Perindustrian akan menangani industrinya, Kementrian Perdagangan akan mengurus masalah pemasaran, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menangani masalah pembibitan dan pengembangan budidaya rumput laut dan sebagainya," katanya.
Abdul Manan tidak merinci berapa jumlah dana yang akan digelontorkan oleh masing-masing kementerian untuk membantu pengembangan ekonomi lokal Wakatobi dan Kota Kendari tersebut.
Ia hanya mengatakan bahwa program itu akan terus ditangani oleh tujuh kementerian tersebut selama lima tahun anggaran berturut-turut.
"Besok pemerintah dua daerah itu yakni Wakatobi dan Kota Kendari diundang ke Jakarta membahas strategi pengembangan ekonomi lokal tersebut, termasuk kebutuhan dana yang akan dikucurkan setiap tahun anggaran," katanya.
Kabupaten Wakatobi, kata Abdul Manan, memilih potensi budidaya rumput laut untuk pengembangan ekonomi lokal tersebut karena potensi rumput laut cukup besar, yakni bisa mencapai 100-an ribu ton per tahun.
"Kawasan wilayah pesisir yang potensial untuk budidaya rumput laut di Wakatobi mencapai 4.721 hektare dan yang dimanfaatkan baru seluas sekitar 734 hektar," katanya.

sumber :

Antara
------------------------------------------
KEN RESIK CLEANING SERVICE
Jasa outsourcing Cleaning Service di kota Semarang  khususnya dan Jawa Tengah umumnya, seperti :
- GENERAL CLEANING, pembersihan menyeluruh atau per bagian dari bangunan anda sesuai kebutuhan
- ROUTINE CLEANING, penempatan tenaga kami yg telah berpengalaman untuk membersihkan dan merawat bangunan anda setiap hari nya
- WASHING, melakukan pencucian terutama di elemen ruangan seperti : sofa, kursi makan, spring bed, karpet lembaran, permadani, bantal, guling, dan lainnya
- LANDSCAPE & GARDENING, membuat, merenovasi, merawat taman serta elemen penunjangnya seperti artificial rock / stone, air mancur, patung taman, dan lainnya
Hubungi kami di : 024-70021843, detail lebih lanjut di http://www.kenresik.blogspot.com