Kamis, 23 Desember 2010

Tanggul Penahan Lumpur Lapindo Jebol


Sidoarjo
Tanggul penahan lumpur Lapindo di titik 80 di kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Kamis, jebol menyusul amblesnya tanah di kawasan tersebut.
Staf Operasional Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Ujang Lukman, Kamis mengatakan, jebolnya tanggul tersebut diduga terjadi akibat adanya subsiden atau tanah ambles.
"Jebolnya tanggul ini diduga kuat akibat amblesnya tanah yang terjadi di kawasan tersebut sehingga tanggul tidak mampu menahan luapan lumpur dari dalam kolam penampungan," katanya.
Ia mengemukakan, tanah yang ambles tersebut dengan panjang sekitar 300 meter dan posisi tanggul yang jebol berkisar antara 75 sampai dengan 100 meter.
"Akibat jebolnya tanggul ini membuat areal persawahan yang ada di sebelah timur tanggul tergenang air dari dalam kolam penampungan," katanya.
Ia mengemukakan, saat ini BPLS sedang berupaya untuk menutup kembali tanggul yang jebol supaya tidak terus meluber ke rumah warga yang jaraknya sekitar satu kilometer dari posisi tanggul jebol.
"Tanggul lain dengan radius sekitar 50 meter dari lokasi jebolnya tanggul juga mengalami retak-retak," katanya.
Menurutnya, perbaikan tanggul yang jebol ini membutuhkan waktu paling cepat sepekan mengingat saat ini sedang musim hujan dan material urugan tanah yang digunakan kurang bagus.
"Paling cepat sepekan baru bisa ditutup jebolnya tanggul ini, tapi saya tidak yakin karena kualitas tanah urugan yang digunakan untuk menutup tanggul ini kurang bagus," katanya.
Selain karena kualitas tanah urugan yang kurang bagus, penanggulan ini juga terkendala masalah waktu menyusul saat ini sudah memasuki musim libur panjang Natal dan Tahun Baru.
"Kami berharap penutupan tanggul yang jebol ini bisa berjalan dengan cepat supaya tidak menggenangi rumah warga khususnya yang berada di sebelah timur tanggul," katanya.
sumber :

ANTARA
--------------------

KEN RESIK CLEANING SERVICE
Jasa outsourcing Cleaning Service di kota Semarang  khususnya dan Jawa Tengah umumnya, seperti :
- GENERAL CLEANING, pembersihan menyeluruh atau per bagian dari bangunan anda sesuai kebutuhan
- ROUTINE CLEANING, penempatan tenaga kami yg telah berpengalaman untuk membersihkan dan merawat bangunan anda setiap hari nya
- WASHING, melakukan pencucian terutama di elemen ruangan seperti : sofa, kursi makan, spring bed, karpet lembaran, permadani, bantal, guling, dan lainnya
- LANDSCAPE & GARDENING, membuat, merenovasi, merawat taman serta elemen penunjangnya seperti artificial rock / stone, air mancur, patung taman, dan lainnya
Hubungi kami di : 024-70021843, detail lebih lanjut di http://www.kenresik.blogspot.com