Minggu, 05 Desember 2010

Gadis Dilarang Gunakan Ponsel!


, New Dehli: Gadis dilarang menggunakan telepon selular alias ponsel! Ini bukan hisapan jempot. "Peraturan" itu diberlakukan seorang pemimpin Sesa Panchayat di India. Tujuannya, mencegah kasus kawin lari yang banyak terjadi di negara itu.
"Larangan itu untuk mencegah mereka menikah dengan pria yang tidak disukai oleh orangtua mereka atau dari kasta berbeda," kata juru bicara Desa Panchayat Rajender Malik, seperti dilansir Zee News, Selasa (23/11).
Sebelumnya, para orangtua di desa itu juga menyuarakan kekhawatirannya. Mereka khawatir, anak gadisnya jatuh cinta kepada pria dengan kasta di bawah mereka. Walaupun banyak warga India meninggalkan sistem itu, ternyata kenyataan itu masih merupakan aib bagi kalangan keluarga tertentu.
Kasta merupakan kumpulan orang-orang yang dibedakan menurut warna atau kasta. Dalam agama Hindu, kasta terbagi atas brahmana untuk orang-orang yang berkutat di bidang spiritual, ksatria untuk para kepala dan anggota lembaga pemerintahan, waisya untuk para pekerja di bidang ekonomi, serta sudra bagi para pekerja yang mempunyai tugas melayani dan membantu ketiga kasta di atasnya.

sumber :


Liputan6.com,
Liputan 6 - Kamis, 25 November 2010