Rabu, 01 Desember 2010

TENTANG PYTHON RETICULUS

Reticulated Python – Python Reticulatus


Nama Lain
Di Indonesia dikenal juga dengan nama Sanca Batik dan Sowo Cinde.
Distribusi
Asia tenggara, Philipina, dan Indonesia. Reticulated Python mempunyai daerah penyebaran terbesar dari seluruh species python.
Ukuran
Ular yg baru menetas kira-kira berukuran +/- 60 cm. Betina dewasa berukuran 5.6 m atau lebih. Jantan dewasa berukuran 3.9 – 4.6 m. Rekor ukuran adalah sekitar 10 meter panjang. Dan berat 300 pound lebih.
Lama Hidup
Reticulated Python dapat hidup 30 tahun atau lebih dalam pemeliharaan.
Mutasi Warna
Mutasi warna dan motif dari Python Reticulatus adalah T- albino, T+ albino, Tiger, Super Tiger, Albino Tiger, Calico, Calico Tiger, Striped, Patternless, Axanthic/Anerythristic, Hypomelanistic, granite-back, dan lain-lain.
Kandang
Kandang dapat dibuat sesederhana ataupun serumit apapun sesuai dengan kemampuan kita untuk memeliharanya. Perlu diingat bahwa semakin banyak “benda” yang anda letakkan di dalam kandang, maka semakin banyak pula benda yang harus anda bersihkan. Ada bermacam-macam jenis kandang yang dapat berfungsi baik untuk Retic kecil. Termasuk: container plastik, rak melamin, kandang buatan sendiri dari kayu, dsb. Akuarium kaca cukup memadai untuk specimen yg berukuran kecil. Perlu diingat juga bahwa kassa di atas (yg biasa digunakan untuk menutup bagian atas akuarium) dapat mempersulit untuk mempertahankan tingkat kelembaban yg diinginkan.
Reticulated python muda sebaiknya dipelihara di kandang yg berukuran kecil, ini akan membuat mereka merasa lebih aman. Seekor ular kecil di dalam kandang besar bisa menyebabkan mereka menjadi stress. Untuk Retic berukuran besar, ukuran kandangnya minimal ular tersebut harus bisa meluruskan separuh panjang tubuhnya. Dan akan lebih baik lagi klo bisa lebih panjang dari separuhnya. Dan juga, apabila anda harus memilih antara tinggi dan lebar kandang, selalu pilih ekstra lebar, karena retic anda akan lebih menyenangi tempat yg lebih luas drpd tinggi.
Ingat bahwa apapun tipe kandang yang anda pergunakan, semua kandang tersebut harus dapat terkunci dengan kuat untuk keamanan.
Alas Kandang
Ada beberapa alas yang dapat dipergunakan dan berfungsi dengan baik. Kertas koran adalah yang termurah dan termudah untuk dibersihkan. Buang yg lama, ganti dengan yang baru. Sampah kebun seperti kulit2 kayu dan daun2 kering juga bisa dipergunakan, tetapi harus rajin2 dibersihkan/diganti, karena bisa menjadi tempat berkembang biak kutu dan bakteri apabila terlalu lama dibiarkan dalam keadaan lembab dan kotor. Jangan pernah menggunakan alas dari serutan kayu, karena beberapa produk serutan kayu untuk alas kandang menggunakan bahan dari kayu Cedar yg bisa mematikan apabila digunakan untuk Reptil.
Temperatur dan Pemanasan
Temperatur yg baik untuk ular ini adalah antara 78 – 80F, dan tidak boleh kurang dari 75F. Untuk pemeliharaan di Indonesia, yang berarti adalah salah satu daerah asal dari Reticulated Python ini sendiri, anda tidak perlu menambahkan pemanas apapun. Akan tetapi ular perlu dijemur sebanyak 1-2 kali dalam seminggu selama 15-30 menit (tergantung besar kecil ukuran ular juga) , di panas matahari pagi hari antara jam 07:00 s/d 09:00. ini akan membantu system metabolisme ular dalam mencerna makanannya. Apabila pada musim hujan dan sering tidak ada panas sinar matahari, bisa diganti dengan menggunakan penerangan lampu UV yg dipasang pada malam hari saja.
Air
Selalu sediakan air bersih dan segar untuk ular anda. Ukuran tempat air sebaiknya cukup untuk ular tersebut berendam. Pastikan tempat air untuk ular bayi dan muda tidak terlalu dalam. Banyak jenis ular yang akan buang kotoran di dalam tempat air mereka, jadi gantilah air dan bersihkan tempatnya sesegera mungkin apabila diperlukan.
Pemberian Makan
Beri makan ular anda dengan ukuran mangsa yang tepat seminggu sekali. Pemberian makan bayi retic bisa dimulai dengan tikus kecil, burung pipit, atau anak burung puyuh. Sedangkan Retic muda bisa diberi makan dalam 10 hari sekali dengan mangsa yg bervariatif seperti tikus besar, marmut, kelinci, ayam, dan bebek. Sedangkan retic dewasa membutuhkan mangsa yg lebih besar pula seperti anak kambing dan babi.
Jangan mengangkat ular anda setidaknya 4 hari setelah makan, karena ini akan menyebabkan ular memuntahkan kembali apa yang dimakannya.
Informasi Pembiakan
Reticulated Python mencapai kematangan/kedewasaan seksual dari usia 18 bulan sampai dengan usia 4 tahun.
Ukuran pembiakan adalah saat mencapai panjang 2.2 – 2.9 meter (jantan) dan 3.3 meter (betina). Musim kawin dalam pemeliharaan berlangsung antara November sampai Maret. Hentikan pemberian makan pada saat itu. Hewan harus dalam keadaan dan kondisi yg bagus dan sehat sebelum dikawinkan. Membasahi (bukan merendam) ular dengan air bisa merangsang aktivitas pembiakan. Betina biasanya akan berganti kulit 14+ hari setelah ovulasi, telur biasanya akan keluar setelah 34 – 49 (rata-rata 38) hari setelah ganti kulit. Jumlah telur dalam periode sekali musim kawin berkisar antara 10 - 80 butir. Dalam inkubasi antara 88 – 90F, telur2 akan menetas rata-rata dalam 88 hari. 

December 23rd, 2005 by roelsreptiles


sumber :