Minggu, 05 Desember 2010

LEOPARD GECKO CARE SHEET

Leopard Gecko Care Sheet

Leopard Gecko atau biasa di sebut LG mungkin adalah salah satu reptil terbaik dipelihara saat ini. Mengapa??? Karena LG sangat mudah untuk diurus, sangat jinak, tidak memerlukan tempat yang besar, mudah berkembang biak, dan bisa mengahasilkan berbagai warna morphs yang mengejutkan.

KANDANG
Satu sampai dua LG dewasa dapat hidup nyaman di akuarium 10 galon. Tentu saja kandang yang lebih besar mungkin lebih baik, sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkan panjang 20 atau 30 galon, terutama jika Anda mungkin ingin mengembang biakkan LG. Sebenarnya kandang LG tidak memerlukan tutup diatasnya, karena mereka tidak memiliki bantalan kaki yang akan memungkinkan mereka untuk memanjat kaca, tetapi saya sangat merekomendasikan Anda menutup kandang LG Anda untuk menghindari biatang lain ato anak kecil yg akan menggangu LG anda.

LG betina dapat dipelihara bersama-sama dalam satu kandang (jika kira-kira ukuran yang sama). Tetapi jantan dewasa memiliki sifat teritorial dan akan melawan, jadi tidak boleh digabung dalam satu kandang. Seekor jantan dan beberapa ekor betina dapat dipelihara bersama-sama tanpa masalah, tapi kalau mau dikembangbiakkan jantan dan betina harus memiliki cukup umur (jantan >8bln, betina>1thn). Jika Anda membeli LG muda jantan dan betina mereka harus dipisah sampai umur mereka cukup buat dikawin kan. Hal ini dilakukan untuk menghindari perebutan makanan ato meneror teman sekandang nya. Selain itu, jantan lebih cepat dewasa seksual daripada betina, dan akan berkembang biak dengan betina segera setelah mereka mampu mereproduksi. Hal ini menyebabkan biasanya betina menjadi stress dan dapat mempengaruhi kesehatannya juga dapat memperpendek umur nya meskipun betina dapat berproduksi. Untuk menempatkan ini dalam istilah manusia, seorang gadis 13 tahun memang bisa punya anak, tapi  bukan ide yang baik!

Substrat
Biasa nya orang memakai kertas koran karena lebih gampang untuk dibersihkan dan relatif murah, tetapi Leopard Gecko sangat membutuhkan kalsium dalam pertumbuhan nya, hal ine merepotkan orang yang memakai kertas koran karena harus menyediakan wadah untuk menaruh kalsium dan mengolesi makanan nya setiap mau memberi makan LG.
Jadi saya lebih mengajurkan orang memakai pasir zeolit yg ukuran 0 (berbentuk seperti tepung), karena pasir zeolit sudah memiliki kalsium didalam nya.
 
tetapi sekarang sudah ada dijual substrat gecko yang lebih beragam warna, itu boleh di dapat di petshop-petshop yang menjual perlengkapan reptil





Pemanasan
Untuk suhu di indonesia, anda tidak terlalu memerlukan pemanas buat peliharaan anda, tapi kalau udara dingin diwaktu musim hujan cukup memakai lampu spottone 25-30watt disinari disalah satu sisi kandang LG anda, atau kalau mau lebih aman nya boleh memakai lampu reptil glow yg tersedia dipetshop-petshop yang menjual perlengkapan reptil.

Berlindung
Leopard Gecko aktif di malam hari, dan di alam mereka bersembunyi di bawah batu atau sampah lainnya di siang hari. Untuk alasan ini, mereka membutuhkan semacam tempat penampungan untuk bersembunyi di siang hari. penampungan dapat terdiri dari mungkin hal: roll kertas handuk, kotak kardus kecil (bawah ketiga dari cracker atau sereal kotak), kecil keju cottage atau kontainer plastik margarin, atau deli cangkir putih Anda membawa pulang tokek Anda (jika Anda membeli gecko di pameran reptil).
Masing-masing tempat penampungan harus memiliki lubang di sisi yang cukup besar untuk tokek untuk masuk. Adalah baik untuk memiliki beberapa tempat penampungan di kandang Anda, satu di sisi hangat, satu di sisi dingin. Ada banyak pilihan yang tersedia jika Anda ingin mendapatkan tempat penampungan lebih bagus untuk LG Anda. Jika anda ingin tampilan kandang anda lebih cantik dan enak dilihat anda mungkin dapat membeli di toko-toko yang menjual perlengkapan reptil banyak model dan ukuran yang tersedia.

Shedding DAN Missting
Leopard Gecko juga berganti kulit seperti reptil dan amfibi. Frekuensi shedding bervariasi, tergantung pada umur dan tingkat pertumbuhan tokek tersebut. Bayi LG jauh lebih sering daripada yang sudah dewasa. Anda akan tahu kapan LG Anda sedang mempersiapkan untuk shedding karena kulit nya akan berwarna kusam, dan kemudian akan berubah putih segera sebelum shedding. LG biasanya memakan seluruh kulit mereka dalam proses shedding.

Biasanya LG mampu menarik kulitnya dengan mudah, tapi kadang-kadang mereka mengalami masalah, terutama jika mereka tidak memiliki kelembaban yang tepat selama shedding. Anda harus selalu memeriksa LG anda dalam kandang untuk memastikan itu dapat mengupas semua kulit mati. LG sering memiliki masalah dengan membuang kulit dari kaki mereka. Jika berganti kulit tidak segera dikeluarkan dari jari kaki akan pertumbuhan jari kaki akan menjadi terbatas, dan kulit yang tidak berhasil dikupas akan mengerut sehingga akan menghambat aliran darah ke kaki. Jika ini tidak segera diatasi maka biasa nya jari kaki akan mati dan jatuh. Sebenar nya ini bukan masalah besar, karena biasanya sembuh cepat, tapi saya pikir mereka lebih bahagia dengan semua jari-jari kaki mereka utuh!

Sebuah tempat penampungan yang lembab harus disediakan sehingga LG anda dapat memiliki akses ke kelembaban tinggi ketika shedding. Biasanya lebih suka tempat persembunyian yang lembab, bahkan ketika mereka tidak dalam proses shedding. Penampungan lembab dapat terdiri dari sebuah wadah plastik kecil, yang diisi dengan moss atau cocopeat yang sedikit dibasahkan dan diberi lubang untuk mereka masuk kedalam nya.

Jika Anda menemukan LG anda memiliki beberapa kulit yang tertinggal setelah shedding, Anda perlu untuk mengulurkan tangan untuk membantu. Tempatkan LG anda dalam sebuah wadah plastik kecil yang di isi air hangat, tissue basah. Letakkan di atas wadah dan biarkan LG duduk selama 30 menit. kelembaban tinggi akan mengembangkan dalam wadah dan hal ini akan mengendurkan kulit cukup untuk memungkinkan Anda untuk menghapusnya dengan mudah dengan pinset atau digosok dengan tangan, tetapi mesti berhat-hati.

AIR
Leopard Gecko berasal dari lingkungan yang kering, tapi memerlukan kelembaban dan air. Air harus selalu tersedia dalam kandang. Taruh dalam wadah kecil diisi air sedikit saja, atau yang menjual tempat minum khusus reptil dipetshop-petshop.

LG kecil harus sesekali dimisting (disemprot air). Disarankan misting seluruh kandang sekali atau dua kali seminggu, terutama jika Anda melihat LG anda sedang mempersiapkan untuk shedding.

MAKANAN
Leopard Gecko akan makan berbagai jenis mangsa hidup termasuk jangkrik, mealworm, superworms, dan bahkan pinkies (alias tikus bayi berumur beberapa hari).

Jangkrik vs mealworm

Jangkrik
Pros:
1. Lebih aktif sehingga lebih merangsang LG makan
2. Jangkrik lebih unggul gizi dibanding mealworm , mengandung lebih banyak uap air, protein, kalsium, dan vitamin C dari mealworm (informasi dari Grubco).
3. Exoskeleton yang tipis, sehingga mungkin lebih mudah dicerna.


Cons:
1. Jika Anda membelinya dalam jumlah besar Anda perlu khawatir tentang menyediakan makanan dan air untuk jangkrik kerena mereka rentang mati
2. jangkrik yang tidak dimakan akan mengganggu LG Anda, merangkak di atasnya atau mengunyah kaki atau ekor.
3. jangkrik lapar akan sering makan kotoran tokek di kandang, menelan telur parasit atau ookista (tahap dalam siklus kehidupan coccidia dan crytosporidium yang tertumpah dalam tinja; pada dasarnya telur). Jangkrik sekarang ini akan membawa telur ini parasit dalam perut mereka, dan ketika tokek yang makan jangkrik ini telur-telur akan menetas dalam tokek, meningkatkan beban parasit dalam LG anda
4. Jumlah jangkrik di kandang perlu terbatas karena alasan yang tercantum di atas. (# 2 dan # 3),
5. Mereka bau!
6. Mereka berkicau.

Mealworm
Pros:
1. Mereka tidak sangat aktif dan tidak dapat memanjat atau melompat, jadi tidak ada pelarian.
2. Jika Anda membeli mereka dalam jumlah banyak dapat didinginkan mereka selama berminggu-minggu sampai anda siap untuk menggunakannya, jadi jangan khawatir tentang menyediakan makanan dan air (tetapi disarankan memberi makan nya dalam keadaan hidup).
3. Mereka akan tetap tinggal dalam tempat makanan sampai mereka dimakan, sehingga mereka tidak mengganggu atau makan kotoran
4. Karena mereka tidak mengganggu, anda dapat meninggalkan pasokan cukup banyak didalam kandang
5. Tidak mengerik, yeah!

Cons:
1. Anda perlu menyediakan hidangan makan untuk mealworm
2. exoskeleton mungkin lebih sulit untuk dicerna.
3. Jangkrik nutrisi yang lebih baik.
4. Mealworm akan menguburkan ke pasir jika mereka melarikan diri dari piring makan.
5. Mealworm kurang aktif daripada jangkrik, sehingga kurang merangsang sebagai makanan.

PINKIES

Banyak orang juga biasa nya akan memberi makan pinkies hidup. tapi sebaiknya diberikan pada LG betina dewasa saja; baik selama musim kawin dan setelah musim berguna memberi kalori tambahan untuk mendapatkan kembali berat badan mereka yang hilang setelah bertelur.

Feeding PERTIMBANGAN LAIN
Leopard Gecko yang sehat cukup makan akan menyimpan lemak di ekornya dan mereka dapat memanfaatkan lemak ini selama musim kawin atau selama hibernasi. Mealworm harus disediakan dalam wadah dangkal di sepanjang waktu. Jangkrik dapat ditawarkan setiap hari.

Pemberian jangkrik dalam kandang perlu diperhatikan. Apabila tidak habis dimakan, perlu segera dikeluar kan dari kandang sehingga tidak menggangu LG anda dan tidak memakan kotoran LG anda. Penting juga memilih ukuran mangsa yang tepat untuk LG Anda. LGkecil perlu diberi makan item mangsa lebih kecil daripada LG yang lebih besar.

VITAMIN

Gut loading sangat penting. "Gut loading" didefinisikan sebagai mengisi usus item mangsa dengan makanan bergizi sebelum mereka dimakan. Ingat pepatah lama "Anda adalah apa yang Anda makan"; item mangsa lebih bergizi akan membuat LG anda sehat.

Untuk jangkrik Gutload Saya sarankan sayur-sayuran, buah-buahan (potongan kentang atau wolter misalnya). Feed hanya sebagai jangkrik sebanyak tokek Anda dapat makan pada satu waktu, atau jangkrik akan melewati makanan bergizi dan mengisi perut mereka dengan kotoran tokek atau jangkrik mati mereka menemukan di kandang tokek.

Vitamin ini juga sangat penting bagi LG. Disarankan menggunakan calsim yg\ang mengandung D3, karena LG tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

Metode khas pemberian vitamin untuk LG (jika jangkrik makan) adalah taruh sejumlah kecil suplemen vitamin dalam wadah kecil, masukan jangkrik dalam wadah, dan kocok sampai jangkrik ditutupi dengan bubuk putih. dan segera berikan pada LG anda karena jangkrik akan membersihkan diri dan menghapus bedak. LG remaja membutuhkan banyak kalsium dan vitamin selama proses pertumbuhan, jadi makanan harus dilapisi dengan bubuk vitamin pada setiap menyusui.

Saya juga menyediakan hidangan dangkal (tutup botol, atas Gatorade botol, dll) dengan tumpukan kecil kalsium untuk tokek saya di setiap saat. Hal ini sangat penting. Percaya atau tidak, LG secara harfiah akan meminum serbuk vitamin dari piring jika mereka membutuhkannya. Aku jarang melihat tokek saya makan bubuk vitamin dari piring, dan Anda mungkin tidak pernah melihat Anda makan tokek, tapi mereka akan.

PEMELIHARAAN KANDANG
Leopard tokek hanya membutuhkan perawatan rutin minimal kandang. Mereka cukup bersih dan biasanya hanya kotoran di salah satu sudut kandang. Substrat memungkinkan untuk tempat sederhana pembersihan kotoran dan jangkrik mati, dan ini biasanya harus dilakukan setidaknya sekali seminggu. Substrat pasir harus dibuang dan seluruh kandang (termasuk hidangan air, furnitur kandang, dll) dicuci dan disterilkan dengan larutan pemutih ringan (1 pemutih bagian: 9 bagian air) atau Nolvasan (terdilusi menjadi biru telur robin's) setidaknya setiap empat bulan. Anda harus dapat memesan Nolvasan melalui dokter hewan Anda atau toko pakan lokal. Jika Anda melihat potongan-potongan kecil banyak kotoran seluruh campuran pasir sudah pasti waktu untuk membersihkan seluruh kandang.

Kertas handuk tidak memungkinkan untuk membersihkan tempat mudah, dan harus diganti sepenuhnya seminggu sekali. Sterilisasi seluruh kandang tidak diperlukan setiap minggu, tetapi harus dilakukan setidaknya setiap empat bulan.

Hibernasi
Hibernasi adalah bagian alami dari siklus tahunan untuk LG, tetapi tidak diperlukan untuk tokek dirumah anda. Sangat baik untuk menjaga panas pada tokek Anda sepanjang musim dingin, dan mereka harus makan, minum, dan akan aktif selama musim dingin.

sumber :

Apr 11, '10 3:41 PM
for everyone