Rabu, 08 Desember 2010

RETICULATED PYTHON - World's Longest Snake / python reticulus-ular terpanjang di dunia

Reticulated Python - World's Longest Snake
Reticulated Python, adalah ular terpanjang di dunia yang  ditemukan di pesisir Asia Tenggara. Silahkan lihat pada, perilakunya, variasi, pembibitan, pakan, dan perawatannya.

Reticulated Python (Python reticulatus) adalah ular terpanjang di dunia, dan satu di antara tiga Old World Python. Bentuk badan yang relatif ramping dan karakter yang ditandai oleh pola yang menarik - berbentuk sorot garis berlian  oleh bintik-bintik putih dengan latar belakang coklat muda. Mereka adalah ular  asli di seluruh pesisir  Asia Tenggara, dari Myanmar ke Pulau Nicobar, sebelah timur Semenanjung Malaysia, Vietnam dan sebagian besar pulau-pulau di Indonesia dan Filipina.

Reticulated ular python dapat ditemukan di berbagai habitat, termasuk hutan-hutan terbuka, hutan lebat, daerah berbatu, danau, sungai dan rawa. Jenis ini jarang ditemukan jauh dari air tawar. Ular bisa mencapai berat dan ukuran max, beberapa spesimen melebihi berat lebih dari 300 kilogram dan 34 meter, sehingga terpanjang di dunia ular. Namun, 10-20 meter adalah panjang rata-rata ular dewasa.

Perilaku
 temperamen spesies ini bervariasi menurut wilayah geografis yang berbeda. Sebagai contoh, python reticulated dari Kepulauan Sunda Kecil di  Indonesia dan Thailandtengah  ular lebih jinak dan tenang di penangkaran, daripada di daerah lain, seperti ular reticulated Pulau Sulawesi , Indonesia biasanya mudah tersinggung dan defensif.

Piton ini biasanya berada di hutan lembab dengan suhu berkisar antara 80-92F. Karena ketergantungan yang berlebihan pada air ular ini sering ditemukan di area genangan/waduk/kolam  dan sungai. Mereka menghindari siang hari.juga untuk Membedakan  mangsanya  oleh pergerakan  dan bau mereka. . Mereka  merasakan panas mangsa melalui sensor  lubang, yaitu lubang persegi kecil di sisik  bibir yang membantu mereka untuk merasakan kehangatan mangsanya.

Variasi dari Python reticulated 
Ular python reticulated menggabungkan berbagai warna berbeda dengan pola geometris yang kompleks. Bagian belakang ular memiliki bentuk tidak beraturan berbentuk banyak berlian yang dikelilingi oleh tanda kecil dengan pusat-pusat cahaya Spesies ini memiliki variasi yang luas karena hibridisasi di penangkaran. Dua subspesies liar Python reticulatus saputrai (Selayer retics) dan jampeanus Python reticulatus (Jampea retics).

karena berkembang biak di penangkaran maka didapat  variasi, harimau super, harimau, albino/  super tiger, tiger, albino (lavender, lavender gelap, putih, dan mendekati warna ungu/ dark lavender, lavender, white, and purple phase), genetik stripe, harimau super albino, harimau albino, anak emas/ (), genetic stripe, albino super tiger, albino tiger, golden child , dan Sunfire (morph ini mungkin segera diganti namanya) , gading / putih api, belacu/ ), ivory/white flame, calico, dan beberapa lainnya. Ular ini memiliki kemampuan untuk mengubah warna dan intensitas warna dengan  Mata biasanya warna oranye.

Pakan / makanan
Ular adalah karnivora dalam kebiasaan makanannya. Karena ukurannya yang  besar pada ular reticulated, maka ular ini memiliki  kapasitas bawaan  untuk memakan berbagai jenis mangsa. makhluk berdarah hangat seperti unggas air, burung-burung bersarang dan  hewan lainnya berukurab kecil hungga menengah, juga babi, anjing, kambing, rusa besar dan kadang-kadang manusia termasuk dalam makanannya.

Dalam penangkaran, anak ular  harus diberikan anak tikus dan tikus kecil/ mice, dan dlm  pertumbuhan mereka juga dibiasakan dengan tikus/ rat  . hal lain , anak ular  harus diberi makan dengan interval pendek, yaitu idealnya per tujuh hari . Satu pemberian pakan yg cukup untuk dewasa bisa cukup untuk 3-4 minggu. Namun, pakan untuk betina yg sedang  bertelur harus  dua kali lipat dari  nilai yang normal.

Pembiakan 
Seperti semua ular, ular python reticulated betina bertelur dan mengerami dengan  tubuh mereka yang kuat  untuk dua bulan atau lebih, pengeraman untuk  mencegah telur menjadi terlalu dingin atau terlalu hangat. Ular python betina melakukan kontraksi dan melemaskan otot-ototnya serta  "menggigil"kan/menggetarkan badannya untuk menaikkan suhu dari telur serta tubuhnya.

Telur kekuningan atau putih, mengkilap, lembut dan lengket yang memungkinkan untuk lengket satu sama lainnya / bersama dan mencegah dari kekeringan. Ukuran telur 10-13 cm (4-5 in) panjangnya. Banyaknya telur antara 25-100 telur, dan begitu mereka menetas mereka akan ditinggalkan induknya. Anakan sekitar 2 kaki panjangnya dan dapat tumbuh dengan panjang yang sama per tahun, tetapi di penangkaran beberapa diantaranya dapat tumbuh hingga 6 kaki.

Kandang dan perawatan
Popularitas Piton reticulated telah meningkat karena banyak di perdagangkan  untuk kulit, daging, dan  untuk obat tradisional. Selain itu, karena kelayakan mudah ber mutasi di penangkaran telah menambah daya tarik tersendiri. Ular ini jenis peliharaan extrem, tetapi pemiliknya harus memiliki pengalaman sebelumnya tentang penanganan  ular besar.

pemelihara harus  berpengalaman dalam menangani python yang lepas, yang dapat menimbulkan cedera pada tetangga, pemelihara atau hewan peliharaan lainnya. Secara alami mereka tidak menyerang manusia, namun dapat menggigit jika mengira tangan kita adalah makanan mereka atau merasa terancam. Meskipun, mereka tidak memiliki racun, tapi serius bisa menggigit dan  python berukuran besar bahkan mungkin  dapat membunuh.

Jadi, dianjurkan bahwa jika Anda memutuskan untuk memiliki seekor ular besar sebagai hewan peliharaan, Anda harus sangat berhati-hati di kandang ular tersebut. Cobalah untuk memberikan kesan alam di sekitar kandang dan tidak pernah menggunakan selotip di kandang atau sesuatu yg dapat menyebabkan cedera pada ular. Selalu dalam pemberian  pakan didampingi dengan satu orang lagi sehingga setiap kecelakaan tiba-tiba bisa dihindari.



Python reticulated 
Reticulated Python, the world's longest snake is found throughout coastal Southeast Asia. Have a look at its behavior, variations, diet, breeding and housing information. 
Reticulated Python (Python Reticulatus) is the longest snake in the world, and among three Old World Pythons. It is relatively slender and characterized by an attractive pattern - diamond shaped outline highlighted by white spots with light brown background. They are native throughout coastal Southeast Asia, from Myanmar to Nicobar Island, east of Peninsular Malaysia, Vietnam and most of the islands of the Indonesia and Phillipines.
The reticulated python can be found in variety of habitats, including open woodlands, dense forest, rocky areas, lakes, rivers and swamps. This species is rarely found far away from fresh water. The snake can attain considerable bulk and size, some specimens exceeded weight over 300 pounds and 34 feet, making it the world's longest snake. However, 10-20 feet is the average length of an adult.

Behavior 
It has been reported that the temperament of this species varies according to different geographical areas. For example, the reticulated python of the Lesser Sundas Islands of Indonesia and central Thailand are more docile and calm snakes in captivity, than in other areas, like the reticulated pythons of Sulawesi Islands of Indonesia are typically irritable and defensive.

These pythons normally resides in humid forest with temperatures ranging from 80-92F. Piton ini biasanya berada di hutan lembab dengan suhu berkisar antara 80-92F. Due to excessive dependence on water these snakes are often found besides small ponds and streams.  Distinguishes its prey by there movement and their odor.. They have heat sensing pits, that is, small rectangular openings in the scales on its lips which help them to sense the warmth of its prey. 

Variations in Reticulated Python 
The reticulated python incorporates numerous different colors with a complex geometric pattern. The back of the snake has many irregular diamond shapes which are surrounded by small marks with light centers. This species has wide variations due to hybridization in captivity. Two wild subspecies are Python reticulatus saputrai (Selayer retics) and Python reticulatus jampeanus (Jampea retics).

Current variations due to breeding in captive includes, super tiger, tiger, albino (dark lavender, lavender, white, and purple phase), genetic stripe, albino super tiger, albino tiger, golden child, sunfire (this morph may be soon renamed), ivory/white flame, calico, and several others.. These snakes have the ability to transform its shades and intensity of the colors.

Diet
The snake is carnivorous in its food habits. Ular adalah karnivora dalam kebiasaan makanannya. Due to large size the reticulated pythons have built-in capacity to devour large variety of preys.. Warm blooded creatures like waterfowl, nesting birds and small to medium animals; also pigs, dogs, goats, large deer and occasionally human being are included in its diet. However, it depends on the size of the snake while eating the size of the prey.

In captive, hatchlings should be given rat pups and small mice, with their growth lager rats should be offered. . Other to it, hatchlings should be fed in short intervals, that is, seven days could be ideal. One full diet for adult can be ample for 3-4 weeks. But, egg-laying female's diet should be double to its normal amount.

Breeding 
Like all snakes, the female reticulated python lays eggs and wrap their powerful bodies around them for two or more months; this is known as brooding and it prevents the eggs from getting too cool or too warm. The female python alternatively contracts and relaxes her muscles and "shivers" to raise temperature of the eggs as well as her body.

The eggs are yellowish or white, shiny, soft and sticky which allows sticking together and prevents from drying out. The eggs measures are 10-13 cm (4-5 in) in length. Clutch size can be between 25-100 eggs, and once they hatched they are abandoned. Hatchlings are around 2 feet in length and may grow the same length per year, but in captivity they some time grow up to 6 feet.

Housing 
The popularity of reticulated pythons has increased due the pet trade largely for skin, meat, and parts for folk medicine. Apart of it, due to easy feasibility of mutation in captivity it has added to attraction. This snake is extremely rewarding captive, but the owner should have previous experience of handling such a large pythons. . This is necessary for both the animal and the keeper.

Inexperienced keeper may enable the python escape, which could inflict injury to the keeper, neighbor or other pets. By nature they do not attack humans, but may constrict or bite if mistaken a hand for food or feel threatened. Although, they don't have venom, but can seriously bite and some time large python may even kill.

So, it is recommended that if you decide to have a large snake as a pet, you should be very careful about its enclosure. Try to provide natural surrounding and never use sticky tape in an enclosure or it may cause injury to the snake. Always feed with one more person so any sudden accident could be avoided.


di terjemahkan secara bebas, sumber :