Senin, 23 Mei 2011

Budidaya Ikan Nemo


Liputan6.com, Pesawaran: Ikan nemo berbentuk mungil dan berwarna cerah sangat menggemaskan. Kian hari jenis hewan yang dikenal ikan badut ini pun makin digemari. Sejak kemunculannya di film kartun Finding Nemo pada 2004 silam, penjualan ikan badut meningkat hingga 18,5 persen.
Pasaran ikan nemo di luar negeri juga laris manis. Karena banyaknya permintaan maka Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut di Lampung berinsiatif mengembangkan clown fish di Kecamatan Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung.
Sekarang ada satu pasang ikan nemo yang telah menelurkan ratusan ekor. Ikan yang cukup pemalu ini harus diberikan rumah  berjenis terumbu atau anemon tempat untuk bermain. Rumah juga dijadikan sebagai tempat menjaga telur.
Harga nemo dewasa di pasaran mencapai Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah. Variasi harga tergantung warna oranye tubuhnya dan keindahan tiga garis yang ditonjolkan.
Gerak yang lincah dan postur tubuh mungil serta tidak ganas membuat ikan ini sangat cocok dijadikan hiasan di akuarium.(AIS)


Liputan 6 – Min, 13 Mar 2011