Sabtu, 28 Mei 2011

Ditemukan, Kepala Firaun Amenhotep III


 
Dia adalah kakek Tutankhamun yang memerintah di masa kejayaan kerajaan Mesir Kuno

VIVAnews - Tim arkeolog berhasil menemukan sebuah patung besar yang mengabadikan kepala salah satu raja (Firaun) Mesir Kuno yang paling terkemuka, Amenhotep III. Raja itu memerintah Mesir 3.400 tahun lampau.

Demikian pengumuman Dewan Benda-benda Purbakala Mesir, Minggu 28 Februari 2010. Patung kepala Amenhotep III seukuran tubuh manusia dewasa itu ditemukan di lokasi penggalian reruntuhan kuil pemakaman para Firaun di kota Luxor, yang terletak di Mesir bagian selatan.

Pemimpin tim penggalian, Dr. Hourig Sourouzian, yakin bahwa itu merupakan patung Amenhotep III terbaik yang pernah ditemukan hingga kini.  

"Patung-patung lain yang ditemukan selalu dalam keadaan sudah rusak, sudah terkikis entah itu di bagian hidung atau bagian lain di wajah," kata Souzourian. "Namun, patung yang ditemukan kali ini begitu mulus dan tidak ada yang rusak," lanjut dia.

Penemuan itu merupakan bagian dari sebuah patung yang lebih besar yang digali beberapa tahun lalu. Kini, tim arkeolog berupaya menyambung kembali patung Amenhotep III dari kepala hingga tubuh.

Amenhotep III adalah kakek Firaun cilik yang terkenal, yaitu Tutankhamun. Dia memerintah Mesir Kuno dari 1387-1348 Sebelum Masehi (SM). Saat itu Kerajaan Mesir tengah mengalami puncak kejayaan dan memerintah wilayah yang lebih luas, dari Nubia di selatan hingga Suriah di utara.

Menurut Souzourian, Amenhotep III terkenal membawa Mesir ke puncak peradaban kuno. Saat itu perdamaian dan kemakmuran terjadi secara bersamaan di Mesir.

Para pemahat pun menghasilkan teknik-teknik terbaik di masa mereka. Itu terlihat bahwa patung kepala Amenhotep III sudah simetris. "Penampilannya mungkin sudah persis dengan bentuk patung itu dan dia mungkin sangat tampan," kata Souzourian.

Kuil pemakaman Amenhotep III tampaknya hancur akibat banjir sehingga yang tersisa kini hanya reruntuhan dinding. Namun di lokasi itu, tim arkeolog juga berhasil menemukan sejumlah artefak dan patung, termasuk dua patung Amenhotep yang terbuat dari batu granit hitam. Benda-benda itu ditemukan Maret tahun lalu. (Associated Press)
• VIVAnews 



Senin, 1 Maret 2010,
Renne R.A Kawilarang