Kamis, 19 Mei 2011

Orde Baru Lebih Baik


Liputan6.com, Jakarta: Memuaskan rakyat setelah 13 tahun reformasi memang tidak mudah. Kondisi ekonomi, politik, dan konflik yang terjadi pada masa reformasi, ternyata membuat sebagian masyarakat lebih menyukai masa Orde Baru atau era pemerintahan Soeharto.
Tengok saja hasil jajak pendapat yang diungkapkan lembaga survei Indo Barometer mengenai kepuasan terhadap era reformasi sejak 1998 hingga saat ini. Hasilnya cukup mengagetkan.
Menurut Muhammad Qodari, sekitar 40 persen responden, ternyata lebih suka dengan era Orba. Dibanding masyarakat yang menilai era reformasi lebih baik, hanya mengantungi 22 persen suara.
Belakangan ini, kinerja perpolitikan Tanah Air memang banyak disorot masyarakat. Sebut saja pemilihan kepala daerah secara langsung alias pilkada yang banyak memancing konflik. Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat yang buruk dan praktik korupsi. Serta, kinerja pemerintah memperbaiki ekonomi yang dianggap belum menyentuh terutama bagi rakyat miskin di daerah. Itu semua membuat sebagian masyarakat rendezvous pada Orba.(ANS)


Liputan 6 – Sen, 16 Mei 2011